√ sablon dtf vs dtg - Jasa Sablon DTF, Cetak DTF, Print DTF <br> WA 0856-8167-981
Diberdayakan oleh Blogger.

sablon dtf vs dtg

 

sablon dtf vs dtg

Apakah Sablon DTG sama dengan Sablon DTF? 

DTG atau Direct To Garment adalah teknik sablon yang mencetak gambar secara langsung pada kaos atau media cetak lainnya. Sedangkan DTF adalah metode cetak gambar dengan menggunakan kertas transfer, adhesive powder atau bubuk lem sablon yang membantu melekatkan gambar ke material kaos lalu diakhiri dengan di press pada mesin press.

Pengertian Sablon DTF. DTF atau Direct Transfer Film adalah metode sablon yang menggunakan tinta khusus untuk mentransfer gambar keatas kertas fim dengan bantuan lem powder / bubuk lem sebagai perekat untuk menghasilkan gambar diatas kaos atau media lainnya. Rhinovers harus tahu kalau metode DTF ini tidak hanya digunakan untuk custom kaos tetapi juga bisa digunakan untuk kebutuhan sablon custom diberbagai media asalkan media tersebut tahan terhadap panas, seperti kaos cotton bamboo, cotton combed dll.

Semakin Bagus design/gambarnya, semakin bagus pula hasilnya. Semua gambar bisa menggunakan jenis sablon DTF . Awalnya hasil cetakan sablon dtf lebih dikhususkan pada gambar yang detail gambarnya besar/solid, untuk kualitas design yang tipis atau banyak detail kecil nya karena akan mempersulit saat di proses pada kaos.


Video Proses Sablon DTF VS DTG




5 PERBEDAAN SABLON DTF DAN DTG


5 Perbedaan Sablon DTF dan DTG – Di zaman teknologi yang canggih ini, Teknik sablon kaos dengan metode digital printing memiliki beberapa pilihan ini cukup banyak disenangi oleh para pecinta sablon kaos kustom yaitu Sablon DTF dan Sablon DTG. Untuk hasil dari kedua metode ini sangat bagus, dikarekan proses dari sablon sangat cepat dan kualitas yang dihasikan juga lebih awet.

Jadi dimana letak perbedaan sablon kaos DTF dan sablon kaos DTG? Meskipun kedua nya menggunakan Teknik sablon digital, tetapi perbedaan dari kedua Teknik ini sangat berbeda. Sebelum memulai jualan baju online yang memproduksi baju sendiri anda harus mengerti alat dari metode sablon digital ini. Untuk itu simak ulasan dibawah ini!



1. Perbedaannya Terlihat dari Ukuran Bahan dan Mesin yang Digunakan


Sablon DTF memakai mesin riecat alfa yang bertipe EPSON L1800 dalam mencetak dari film DTF untuk sablon kaos. Jika menggunakan mesin tersebut, dapat lebih menghemat bahan karena mampu mencetak untuk ukuran lembaran A3.

Untuk sablon kaos DTG, menggunakan mesin riecat contoh diantaranya adalah Seri DX, DTG Super dan New Era Gen2. Dibedakan dari ukuran lembaran A5, A4 dan A3 bisa print dengan DTG Super. Sedangkan untuk print tote bag, sepatu, topi dan kaos panjang anda bisa menggunakan mesin Seri DX dan New Era Gen2.

2. Perbedaan pada Teknik Sablon Kaos Custom


Sablon kaos dengan Teknik sablon DTF ini terlihat hampir sama dengan proses sablon pada umumnya. Desain kaos yang telah dicetak dikertas film, lalu di taburi oleh lem bubuk kemudian dipanaskan dengan hotgun atau oven, lalu dipress dipermukaan kaos yang ingin disablon.

Teknik sablon DTG riecat menggunakan cara treatment pada proses awal agar desain sablon yang sudah disiapkan bisa menempel pada pori-pori kaos dengan sempurna. Bila tahap awal telah diterapkan maka bisa langsung dicetak ke permukaan kaos dan kemudian dikeringkan dengan hotgun agar warna nya tidak luntur. Untuk proses akhirnya adalah dengan menyemprot permukaan sablon menggunakan epoxy. Hal ini dilakukan bertujuan untuk tinta menempel lebih kuat. Setelah itu, sablon kaos bisa di press.

3. Perbedaan Desain yang Digunakan


Format untuk desain sablon kaos yang dapat dicetak untuk Teknik sablon DTF tidak bisa sembarangan. Anda memerlukan desain warna solid dan format file diwajibkan berbentuk format PNG.

Untuk Teknik sablon DTG dalam hal desain warna, anda bisa menggunakan warna 3 dimensi, warna gradasi atau pun warna solid. sedangkan untuk jenis desain sablon kaos bahan jersey, hal ini yang tidak perlu di mirror, selama bisa di cetak full color dan memiliki resolusi yang tinggi.



4. Perbedaan Kualitas Hasil Sablon


Untuk hasil dari Teknik sablon DTF cukup bagus karena hasil sablon tidak mudah retak dan sangat elastis. Hasil dari sablon kaos tersebut juga sangat awet meskipun sudah dipakai berulang kali. Teksturnya sangat lembut dan halus ketika di pegang, warna dari hasil sablon cukup solid dan tidak gampang pudar meskipun ketika di cuci anda menyikatnya.

Untuk kualitas sablon dari Teknik DTG juga terbilang bagus. Ketika diraba sablon kaos terasa lembut, tetapi Ketika kaos di Tarik maka sablon akan retak karena sablon mengikuti pori-pori kaos. Jika menggunakan Teknik DTG anda bisa memilih kaos dengan pori-pori yang kecil dan anda bisa memilih kaos dengan gramasi 30s atau 40s.

5. Perbedaan Jenis Tinta yang Digunakan


Jenis tinta yang digunakan pada Teknik sablon DTF adalah Vator Ink DTF. Yang merupakan dasar basis water base sehingga aman di head pada mesin. Untuk itu hasil sablon akan lebih berkualitas dan lebih maksimal.

Untuk Teknik sablon DTG jenis tinta yang dipakai adalah tinta textile germany. Menggunakan dasar basis water base yang hampir sama dengan Teknik DTF. Hal ini bertujuan agar tinta dapat cepat meresap ke pori-pori kaos, mudah diproses ke dalam mesin print DTG dan tinta sangat cepat kering.

Ternyata antara 5 perbedaan sablon dtf dan dtg memiliki hal yang cukup signifkan. Jadi, manakah yang akan anda pilih jika anda ingin memesan sablon kaos? Untuk rekomendasi jasa sablon kaos hanya di sablon beda kreatif.

itulah tadi pengertian, kelebihan, kekurangan dan proses sablon DTF vs DTG. jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar di bawah ini atau silahkan chat kami

Get notifications from this blog

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.