√ Perbedaan Teknik Sablon DTF dan DTG - Sablon Print DTF - WA 0856-8167-981
Diberdayakan oleh Blogger.

Perbedaan Teknik Sablon DTF dan DTG

Perbedaan teknik sablon DTF dan DTG



Dalam pembuatan kaos diperlukan proses untuk memperindah dan mempercantik tampilan kaos tersebut, biasanya dengan menambahkan gambar ataupun tulisan yang biasa dikenal dengan sablon kaos. Teknik Sablon ada 2 jenis, yakni: sablon digital, dan sablon manual.

Sekarang kebanyakan konveksi atau jasa sablon kaos lebih memilih teknis sablon digital. Karena pengerjaan yang lebih mudah, cepat, praktis dan tidak memakan waktu yang cukup lama, pastinya dengan hasil yang keren. Dalam sablon digital ada 2 macam sablon jenis digital, yakni: Sablon DTG dan DTF.

Perbedaan Sablon DTG dengan Sablon DTF


Sablon DTF dan sablon DTG mempunyai kesamaan nama, akan tetapi kedua jenis sablon digital tersebut merupakan jenis sablon yang berbeda. Berikut perbedaan dari DTF dan DTG:

Sablon DTG


Sablon DTG (Direct To Garment) merupakan teknik sablon kaos yang mencetak gambar atau tulisan langsung pada kaos ataupun media lainnya. Pada jenis sablon DTG, prosesnya tergolong lebih cepat dan juga praktis. Karena pengerjaan dilakukan langsung pada atas kain atau media cetak lainnya. Setelah dicetak kemudian dikeringkan menggunakan hotgun.

Selain memiliki keunggulan dengan pengerjaan yang mudah dan praktis, sablon DTG ternyata mempunyai kekurangan dalam penggunaan jenis sablon ini. Tidak semua jenis kain dapat dicetak/disablon dengan teknik DTG. Hanya yang berjenis polyester, viscose, dan juga cotton.

Sablon DTF


Sablon DTF merupakan teknik sablon yang menggunakan kertas transfer. Berbeda dengan DTG yang dapat langsung pada kain, sablon jenis DTF memerlukan kertas transfer menggunakan kertas film yang kemudian ditaburi lem powder dengan tujuan tinta dapat merekat dengan kuat. Setelah itu, tinta dilelehkan menggunakan hotgun yang kemudian di press pada kain atau media lainnya.

Berbeda juga dengan DTG, sablon kaos DTF dapat digunakan pada kain yang berjenis cotton, polyester, scuba, TC, dan kain berserat lainnya.

Selain proses pengerjaannya, hasil dari kedua sablon tersebut juga berbeda. Hasil dari sablon DTG mempunyai tekstur halus ketika diraba. Sedangkan hasil cetak dari sablon DTF, memiliki tekstur yang elastis, kuat dan tidak mudah retak.

Meskipun demikian, kedua teknik sablon tersebut dapat menghasilkan sablon kaos keren tergantung pada konveksi atau penyedia jasa sablon mengutamakan kualitas produk dan juga kepercayaan serta kepuasan konsumen.

Apakah anda sedang mencari jasa sablon kaos satuan yang produknya terjamin berkualitas dan juga terpercaya? Anda dapat mempercayakannya pada Sablon Beda Kreatif. Sablon beda kreatif adalah penyedia jasa sablon custom di daerah Bekasi dan Jakarta. Tidak hanya sablon kaos, tapi juga hodie, jaket, kemeja dll. Untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi website resminya sablonbeda.com.

Demikian tadi adalah perbedaan dari 2 jenis teknik sablon digital DTF dan DTG. Semoga bermanfaat.

Get notifications from this blog