√ 5 Perbedaan Mendasar Sablon DTG dan DTF - Jasa Sablon DTF, Cetak DTF, Print DTF, <br>WA 0856-8167-981 / 0899-9233-290
Diberdayakan oleh Blogger.

5 Perbedaan Mendasar Sablon DTG dan DTF

Tahukan Anda tentang metode percetakan kaos sablon digital? Percetakan sablon digital printing memiliki beragam metode, dua diantaranya sedang populer saat ini, yaitu sablon Direct to Garment (DTG) dan sablon Digital Transfer Film (DTF). Adakah perbedaan DTG dan DTF? Simak penjelasannya untuk anda!


Perbedaan sablon DTG dan DTF

Berikut Perbedaan Mendasar Sablon DTG dan DTF:


1. Teknik mencetak pada kaos custom


Pada sablon kaos yang menggunakan DTG RIECAT langkah pertama adalah proses treatment agar desain dapat menempel sempurna ke pori-pori kaos, selanjutnya proses print langsung di atas permukaan kaos.

Kemudian, dikeringkan menggunakan hotgun dan disemprot Epoxy supaya tidak terjadi penurunan warna dan tinta semakin kuat, lalu diakhiri dengan heat press. Metode cetak kaos DTG memang sederhana, namun hanya cocok untuk kaos cotton. Jika digunakan untuk yang lain hasilnya kurang maksimal.

2. Jenis tinta yang digunakan

Sablon DTF menggunakan tinta Vator Ink DTF dengan basic water base, beberapa keunggulannya, yaitu memiliki kualitas hasil sablon lebih cerah daripada DTF desktop sekelasnya, bahkan hasil cetak DTF kualitasnya sama dengan hasil sablon DTG yang pekat dan tajam.

Hasil sablon DTF tidak seperti kertas, melainkan kenyal saat diraba serta tidak mudah retak, mampu menghasilkan tekstur dengan warna solid, lebih licin, glossy dan terasa seperti lebih banyak kandungan plastiknya.

3. Desain yang digunakan

Perbedaan DTG dan DTF selanjutnya terletak pada desain. Ternyata tidak semua desain bisa dicetak, contohnya saja pada sablon kaos DTF. Karena anda hanya bisa sablon dengan warna solid, desain anda juga perlu dimirror dengan format file PNG.

Sedangkan, sablon kaos DTG anda bisa menggunakan warna solid, gradasi, tiga dimensi dan lainnya. Desain anda tidak perlu dimirror, selama resolusinya baik maka user dapat memenuhi keinginan anda.

4. Ukuran bahan dan mesin digital

Sablon DTG membutuhkan mesin printer DTG Riecat, contoh tipenya ada DTG Super, New Era Gen2 dan Seri DX. DGT printing kaos biasanya digunakan untuk mencetak ukuran A3, A4 dan A5, sedangkan New Era Gen2 dan Seri DX dipakai untuk mencetak topi, kaos panjang, tote bag dan sepatu.

5. Kualitas hasil sablon kaos custom

Sablon DTG dan DTF sama-sama memiliki tekstur yang halus saat diraba, namun hasil sablon kaos DTG terlihat seperti ada retakan jika dilakukan uji tarik untuk mengetes ketahanannya karena mengikuti pori-pori kaos.

Sedangkan, hasil sablon kaos DTF lebih elastis, tidak mudah retak, tidak luntur saat di cuci dan di sikat, serta memiliki ketahanan lebih kuat meskipun ditarik berkali-kali.

Itulah perbedaan DTG dan DTF yang dapat menambah wawasan anda khususnya mengenai dunia percetakan sablon, dan akan membantu anda menentukan teknik sablon yang sesuai kebutuhan anda.

Get notifications from this blog

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.